Biodiversity, now and tomorrow

Langit membiru dan bumi yang kian menghijau di kampus IPB Dramaga pada tanggal 22 mei 2012 seakan ikut merayakan international day biodiversity. Peringatan hari keanekaragaman hayati yang jatuh pada tanggal 22 mei setiap tahunnya merupakan sebuah bentuk dari kepedulian terhadap keanekaragaman hayati yang ada di dunia. Isu tentang keanekaragaman hayati merupakan salah satu isu yang masih hangat diperbincangkan di kalangan akademisi, karena biodiversity (keanekaragaman hayati) merupakan salah satu kunci kesehatan lingkungan yang ada.

Tahun 2011 bertepatan dengan hari biodiversitas internasional yaitu tanggal 22 mei 2011 rektor IPB mencanangkan kampusnya sebagai kampus biodiversitas. Pencanangan ini merupakan salah satu bentuk dari kesadaran akan pentingnya keanekaragaman hayati baik yang ada di kampus maupun dunia. Pencanangan ini dimotori oleh mahasiswa departemen konservasi sumberdaya hutan dan ekowisata fakultas kehutanan yang tergabung dalam himpunan profesi HIMAKOVA (Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya hutan dan Ekowisata). Bentuk kepedulian ini tak akan berarti apapun bila masyarakat secara umum dan civitas akademika secara khusus yang ada di Indonesia tak memberikan respos apapun bahkan cenderung tak peduli tentang isu ini.

Isu yang dibangun secara perlahan namun pasti di kampus IPB ini kini sudah mulai memberikan harapan yang cukup cerah. Beberapa Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang ada di IPB sudah mulai andil dalam perhatian dalam keanekaragaman hayati khususnya kampus IPB itu sendiri. Beberapa kegiatan lintas LK yang ada di IPB dengan fokus kajian keanekaragaman hayati kampus sering dilakukan. Dalam tataran LK sudah banyak diperbincangkan isu ini, namun di kalanga mahasiswa selain pengurus atau anggota penuh dari tiap LK masih kurang memberikan respon, entah apa penyebabnya.

kampus biodiversitas perlu dimiliki oleh seluruh civitas kampus IPB. Fungsi dari kampus biodiversitas pun perlu diketahui oleh seluruh kalangan mahasiswa dan dosen di IPB, agar nantinya semua merasa memiliki dan merasa ingin membangun dan mengembangkan bersama-sama. Fungsi adanya pencanangan ini yaitu ingin mengembangkan biodiversitas kampus sebagai media pembelajaran tentang lingkungan hidup dan manfaatnya secara langsung dan tidak langsung oleh civitas akademika sekolah sekitar kampus dan masyarakat sekitar. Kini yang perlu direnungkan apa akan kita perbuat untuk keanekaragaman hayati terutama yang ada di kampus. (M. A. K. Budiman/Himakova IPB-46)

Categories: News, Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

From Swerve of Shore

A Blog by Photographer Aaron Joel Santos

Stories from home

Photography, family and friends (+ Oliver the dog!)

Day by Day the Farm Girl Way...

Simple life on a little piece of land.

Beetles In The Bush

Experiences and reflections of a Missouri entomologist

Meanwhile, back at the ranch...

music, poetry, musings, photography and philosophy from a woman who found her way back home and wants you to come over for a hike and a cocktail.

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: