Mengenal Kampus Biodiversitas melalui Pohon

Oleh : M. Ayief. K. Budiman

Mahasiswa Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata

Fakultas Kehutanan – Instititut Pertanian Bogor

Kampus IPB Merupakan kampus Biodiversitas Pertama di Indonesia. Kampus yang telah dicanangkan menjadi kampus Biodiversitas oleh Rektor IPB pada tahun 2011 ini perlu mendapat perhatian khusus dalam hal keanekaragaman hayatinya. Perhatian khusus ini telah banyak dilakukan oleh beberapa penggiat lingkungan kampus seperti peringatan dan dalam acara-acara yang bertajuk biodiversitas kampus. Namun hal ini dirasa masih kurang, karena ternyata masih banyak civitas akademik IPB yang masih belum merasa memiliki dan merasakan manfaat langsung akan adanya kampus biodiversitas. Padahan kampus biodiversitas memiliki manfaat yang begitu besar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Upaya dan aksi nyata dari kalangan mahasiswa kadang sering tersandung oleh beberapa peraturan dan kebijakan yang dirasa masih ada yang belum pro terhadap biodiversitas kampus.

Salah satu biodiversitas kampus yang memang perlu dikelola dan ditata dengan baik yaitu penataan dan pengkayaan jenis pohon di kampus, karena pohon merupakan salah satu aspek ekologis yang sangat penting bagi keanekaragaman hayati kampus. Selain itu pohon juga merupakan salah satu bagian penting dalam menciptakan iklim mikro bagi lingkungan sekitarnya. Tak bisa dipungkiri bahwasanya bila ada pohon, maka lingkungan sekitar akan terasa lebih sejuk dan menyegarkan pernafasan. Hal ini dikarenakan pohon memiliki suatu proses yang dinamakan fotosintesis yang produk keluarnya berupa oksigen, dan oksigen inilah yang digunakan untuk bernafas oleh makhluk hidup baik manusia maupun hewan. Untuk itu pada taggal 21 November 2012 dalam memperngati Hari pohon, beberapa penggiat lingkunga mengadakan aksi peringatan hari pohon yang berlokasi di dalam kampus IPB. Tujuannya yakni menyadkan seluruh civitas akademik IPB untuk turut serta menyukseskan dan merealisasikan kampus IPB sbagai Kampus Biodiversitas dengan keanekaragaman hayatinya yang tinggi dan dapat dirasakan manfaat nyatanya melalui salah satu bagian pentingnya yaitu pohon. Aksi ini digelar sebagai aksi damai mahasiswa demi kesadaran seluruh civitas akademik IPB akan pentingnya pohon bagi kehidupan. (M. A. K. Budiman)

Categories: News, Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

From Swerve of Shore

A Blog by Photographer Aaron Joel Santos

Stories from home

Photography, family and friends (+ Oliver the dog!)

Day by Day the Farm Girl Way...

Simple life on a little piece of land.

Beetles In The Bush

Experiences and reflections of a Missouri entomologist

Meanwhile, back at the ranch...

music, poetry, musings, photography and philosophy from a woman who found her way back home and wants you to come over for a hike and a cocktail.

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: